Tim kerja (Timja) Prodiakon bidang Liturgi Gereja Santo Paulus Sampangan, pada Minggu (19/5) bertempat di ruang pertemuan telah mengadakan pembekalan yang membahas bagaimana menyiapkan homili dengan mengundang narasumber dari Penerbit Pohon Cahaya dari Yogyakarta. Dalam penjelasan singkat Heronimus Budi Santoso selaku Marketing Manager Penerbit Pohon Cahaya menyampaikan perlunya persiapan homili terutama bagi prodiakon yang dalam tugas pelayanan lbadatnya pasti berkaitan dengan homili.

Dalam sambutannya, Ketua Wilayah Santo Paulus Sampangan Yohanes Sancahyohadi menyambut baik kegiatan pembekalan yang diadakan dari jam 10.00 hingga pukul 14.00 wib. “Sebagai prodikon tentu akan bersentuhan dengan homili maka penting untuk bisa memahami apa saja persiapan yang harus dilakukan untuk homili. Maka kami berterima kasih atas kehadiran penerbit pohon cahaya dari Yogyakarta yang bersedia memberikan pembekalan.” “Hal lain, dalam sebuah perjumpaan dengan beberapa public speaker diketahui bahwa persiapan sebelum mereka tampil memegang peranan penting untuk kesuksesan acara mereka. Maka penting hal ini juga dilakukan oleh para prodiakon supaya maksimal dalam pelayanan, terutama saat persiapan homili.”

Acara pembekalan ini dihadiri oleh sekitar 30 prodiakon dan dalam pelaksanaannya para prodiakon tampak antusias ketika mengikuti pembekalan.
Sedangkan narasumber yang menyampaikan materi yaitu Aloysius Amin Santoso yang telah 81 kalinya memberikan pembekalan di berbagai tempat tampak menerangkan lima hal yang harus diperhatikan menyangkut kesiapan prodiakon dalam menjalankan tugas pelayanannya.

Ada lima hal yang perlu diketahui dan dimengerti berkaitan pelayanan prodiakon yaitu:

  1. Siapa itu prodiakon
  2. Public speaking
  3. Kitab suci
  4. Inkubasi -illuminasi
  5. Praktek atau evaluasi

Sedangkan kutipan kitab suci yang menjadi pijakan yaitu Matius 18:6, Matius 18:20 dan Kisah Para Rasul 3:6. Yang didalamnya terkait tugas dan peran prodiakon dalam liturgis, pewartaan dan sebagai awam yang mendapat mandat langsung dari Uskup atau delegatus uskup dalam pelayanan penggembalaan umat sesuai dengan wilayah yang ditetapkan.

Kontributor: Agus Yuwono (TimJa Liturgi)