Teks Misa – Memantaskan Diri dan Hati dalam Menyambut Kedatangan-Nya

Allah Tuhan kami, kami bersyukur kepada-Mu, karena kami boleh mengalami lagi Masa Adven, yaitu masa yang penuh pengharapan dan kerinduan akan kedatangan Sang Juru Selamat. Harapan dan kerinduan itu kami ungkapkan dalam lingkaran Adven ini

Memantaskan Diri dan Hati dalam Menyambut Kedatangan-Nya

Hari Minggu Adven I
26 – 27 November 2022
Tahun Liturgi A

RITUS PEMBUKA

Tanda Salib dan Salam Umat berdiri
Pengantar Umat berdiri

Doa Berkat Korona Adven Umat berdiri
I : Allah Tuhan kami, kami bersyukur kepada-Mu, karena kami boleh mengalami lagi Masa Adven, yaitu masa yang penuh pengharapan dan kerinduan akan kedatangan Sang Juru Selamat. Harapan dan kerinduan itu kami ungkapkan dalam lingkaran Adven ini. Maka, kami mohon sudilah Bapa memberkati  lingkaran Adven ini, dan limpahkanlah rahmat-Mu, supaya melalui masa yang suci ini, persekutuan umat di Paroki, lingkungan dan komunitas kami semakin kokoh. Semoga kami selalu saling membantu, mempersiapkan diri dengan tekun sehingga sungguh pantas menyambut kedatangan Yesus Kristus. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami, kini dan sepanjang masa.
U : Amin.

Tobat – Saya mengaku Umat berdiri
I : Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U : Amin.

Tuhan Kasihanilah Kami – Umat berdiri

Doa Kolekta Umat berdiri
I : Marilah kita berdoa:
_____hening sejenak_____
Allah Bapa Mahakuasa, Engkau telah menjanjikan kedatangan Kristus kepada kami. Berikanlah kami kehendak yang kuat untuk siap sedia dalam menyongsong kehadiran-Nya melalui cara hidup kami yang baik dan pantas. Semoga dengan demikian, kami layak mewarisi Kerajaan Surga. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.
U : Amin.

 

LITURGI SABDA

Bacaan I Yesaya 2:1-5 Umat duduk
Tuhan menghimpun semua bangsa dalam kerajaan Allah yang damai abadi.
Bacaan dari Kitab Nabi Yesaya:
Inilah firman yang dinyatakan kepada Yesaya, putera Amos, tentang Yehuda dan Yerusalem. Pada hari-hari yang terakhir akan terjadilah hal-hal ini: Gunung tempat rumah Tuhan akan berdiri tegak di puncak gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit. Segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana, dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata, “Mari kita naik ke gunung Tuhan, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuh jalan itu. Sebab dari Sion akan keluar pengajaran, dan dari Yerusalem akan keluar sabda Tuhan.” Tuhan akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa. Maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas. Bangsa yang satu tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa yang lain, dan mereka tidak akan lagi berlatih perang. Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang Tuhan!
Demikianlah Sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan Umat duduk
Mari kita pergi ke rumah Tuhan dengan sukacita
1. Aku bersukacita, ketika orang berkata kepadaku, “Mari kita pergi ke rumah Tuhan.” Sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbangmu, hai Yerusalem.
2. Kepadamu hai Yerusalem, suku-suku berziarah, yakni suku-suku Tuhan, untuk bersyukur kepada nama Tuhan sesuai dengan peraturan bagi Israel. Sebab di Yerusalemlah ditaruh kursi-kursi pengadilan, kursi-kursi milik keluarga Raja Daud.

Bacaan II Roma 13:11-14a Umat duduk
Keselamatan sudah dekat pada kita.
Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma:
Saudara-saudara, kamu mengetahui keadaan waktu sekarang: Saatnya telah tiba kamu bangun dari tidur. Sebab sekarang ini keselamatan sudah lebih dekat pada kita daripada waktu kita baru mulai percaya. Malam sudah hampir lewat, dan sebentar lagi pagi akan tiba. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan, dan mengenakan perlengkapan senjata terang! Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati. Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang.
Demikianlah Sabda Tuhan.

Bait Pengantar Injil Umat berdiri

Alleluya

Ayat:
Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan, dan berilah kami keselamatan yang dari pada-Mu.

Injil Matius 24:37-44 Umat berdiri
Berjaga-jagalah dan siap siagalah!
Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, “Seperti halnya pada zaman Nuh, demikianlah kelak pada kedatangan Anak Manusia. Pada zaman sebelum air bah itu orang makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera; mereka tidak menyadari apa yang terjadi sampai air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua. Demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan. Kalau ada dua orang perempuan sedang menggiling gandum, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan. Oleh karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pencuri datang waktu malam, pastilah ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Sebab itu, hendaklah kamu selalu siap siaga, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.”
Demikianlah Sabda Tuhan.

Homili Umat duduk

Syahadat Umat berdiri

(Ketika mengucapkan “yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria”, seluruh umat mem¬bungkuk khidmat sebagai penghormatan atas misteri inkarnasi [PUMR 137])

Doa Umat Umat berdiri
I : Allah berkehendak supaya kita berjaga-jaga dalam menanti kedatangan Yesus Kristus, Putra-Nya. Kini marilah kita berdoa supaya iman kita semakin diteguhkan dalam menantikan keselamatan sejati seraya mensyukurinya.

L : Bagi Gereja.
Semoga Gereja-Mu dapat menjadi cahaya dan kedamaian bagi banyak orang, terutama dalam masa penantian keselamatan yang dibawa oleh Yesus Kristus yang selalu kami nanti-nantikan kedatangan-Nya. Marilah kita mohon…
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L : Bagi bangsa-bangsa.
Semoga bangsa-bangsa di dunia ini tetap berjuang dalam menciptakan perdamaian dunia, dan bersama-sama hidup bersemangat kasih yang dibawa oleh Putra-Mu di tengah-tengah kami. Marilah kita mohon…
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L : Bagi orang muda Katolik.
Semoga orang-orang muda Katolik semakin berani melangkah dalam bersaksi akan Engkau yang hadir melalui Putra-Mu di tengah-tengah kehidupan zaman sekarang yang identik dengan modernisasi, isu toleransi, dan mendahulukan kepentingan diri sendiri. Teguhkanlah iman mereka selalu, untuk mau ambil bagian dalam pengembangan Gereja melalui karya-karya mereka, bukan sekedar karya-karya yang mendatangkan pujian dan penghargaan bagi diri sendiri. Marilah kita mohon…
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L : Bagi kita di sini.
Semoga kami dapat menjadi manusia baru yang lebih baik dan penuh berkat untuk sesama kami, terutama dalam masa penantian kedatangan Yesus Kristus yang menghalau kegelapan dalam hati kami. Marilah kita mohon…
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L : Marilah kita hening sejenak menghaturkan ujud pribadi kita.
_____ujud pribadi, saat hening_____

Marilah kita mohon …
U : Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

I : Bapa Mahakuasa, buatlah kami untuk selalu mengarahkan hati, pikiran, dan hidup kami hanya kepada-Mu yang mengutus Dia yang membawa keselamatan kepada kami semua. Sebab Dialah Yesus Kristus, Tuhan, dan Juruselamat kami.
U : Amin.

LITURGI EKARISTI

Doa Atas Persembahan Umat berdiri
I : Berdoalah saudara-saudari supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan kepada Allah Bapa yang Mahakuasa.
U : Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I : Ya Allah, kami mohon terimalah persembahan ini yang kami kumpulkan dari apa yang Engkau anugerahkan kepada kami. Semoga ini semua dapat menjadi sumber berkat bagi kami dan juga menjadi jaminan untuk keselamatan abadi. Demi Kristus, Tuhan, dan Pengantara kami.
U : Amin.

Prefasi – Kudus Umat berdiri

Doa Syukur Agung Umat duduk/berlutut

Bapa Kami, Salam Damai Umat berdiri
(Doa Damai [Tuhan Yesus Kristus, janganlah memperhitung¬kan dosa kami] termasuk doa presidensial atau hanya didoakan oleh pemimpin)

Anak Domba Allah Umat berdiri

Persiapan Komuni Umat duduk/berlutut
I : Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa-dosa dunia. Berbahagialah saudara-saudari, yang diundang ke perjamuan Anak Domba.
I+U : Tuhan saya tidak pantas, Engkau datang pada saya tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

Komuni

Antifon Komuni Mazmur 85:13
Tuhan akan memberikan kebaikan dan negeri kita akan memberikan hasilnya.

Doa Sesudah Komuni Umat berdiri
I : Marilah kita berdoa:
_____hening sejenak_____
Allah Bapa kami, melalui Ekaristi yang kami rayakan ini, keselamatan telah diberikan kepada kami melalui Putra-Mu yang hadir di tengah-tengah kami. Semoga kami tetap bertekun menantikan kedatangan-Nya yang akan membawa kehidupan baru bagi kami. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa.
U : Amin.

RITUS PENUTUP

Pengumuman Umat duduk
Berkat, Pengutusan Umat berdiri

Share the Post:

Related Posts

Adven

Masa Adven merupakan masa persiapan bagi umat Kristiani untuk menyambut kedatangan Sang Putra ke dunia. Kata Adven itu sendiri bersal dari kata adventus (lat) yang berarti “kedatangan”.

Read More