Teks Misa – Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam

Pertobatan yang Membawa Keselamatan Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam 19 – 20 November 2022 Tahun Liturgi C
Pertobatan yang Membawa Keselamatan

Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam
19 – 20 November 2022
Tahun Liturgi C

RITUS PEMBUKA
Tanda Salib dan Salam Umat berdiri
Pengantar Umat berdiri
Tobat Umat berdiri

I : Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Raja Semesta Alam Engkaulah Putra Allah, Pencipta langit dan bumi.
Tuhan, kasihanilah kami.
U Tuhan, kasihanilah kami.

I Engkaulah Putra Manusia yang telah berjasa membebaskan umat manusia dengan sengsara, wafat, dan kebangkitan-Mu.
Kristus, kasihanilah kami.
U Kristus, kasihanilah kami.

I Engkaulah Putra sulung yang pertama-tama bangkit dari alam maut dan kini dimuliakan di sisi Bapa sebagai Pengantara kami.
Tuhan, kasihanilah kami.
U Tuhan, kasihanilah kami.

Madah Kemuliaan Umat berdiri
Doa Kolekta Umat berdiri

I Marilah kita berdoa:

_____hening sejenak_____
Allah Bapa Mahakuasa, kami bersyukur karena Engkau berkenan memperbarui alam semesta dan kehidupan manusia yang rusak karena dosa melalui diri Yesus Kristus. Kami mohon, bantulah kami dalam mengikuti setiap langkah dan ajaran Putra-Mu yang akan membawa kami kepada keselamatan. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.
U Amin.

LITURGI SABDA

Bacaan I 2 Samuel 5:1-3 Umat duduk

Mereka mengurapi Daud menjadi raja atas Israel.

Bacaan dari Kitab Kedua Samuel:
Sekali peristiwa datanglah segala suku Israel kepada Daud di Hebron. Mereka itu berkata, "Ketahuilah, kami ini darah dagingmu. Telah lama, yakni ketika Saul masih memerintah atas kami, engkaulah yang memimpin segala gerakan orang Israel. Lagi pula Tuhan telah berfirman kepadamu: Engkaulah yang harus menggembalakan umat-Ku Israel, dan engkaulah yang menjadi raja atas Israel." Maka datanglah semua tua tua Israel menghadap Daud di Hebron, lalu Daud mengadakan perjanjian dengan mereka di sana, di hadapan Tuhan. Kemudian mereka mengurapi Daud menjadi raja atas Israel.
Demikianlah Sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan Umat duduk
Mari kita pergi ke rumah Tuhan dengan sukacita

1. Aku bersukacita, ketika orang berkata kepadaku, "Mari kita pergi ke rumah Tuhan." Sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbangmu, hai Yerusalem.
2. Kepadamu suku-suku berziarah, yakni suku-suku Tuhan, untuk bersyukur kepada nama Tuhan sesuai dengan peraturan bagi Israel. Sebab di Yerusalemlah ditaruh kursi-kursi pengadilan, kursi-kursi milik keluarga Raja Daud.

Bacaan II Kolose 1:12-20 Umat duduk
Allah telah memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang terkasih.

Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Kolose:
Saudara-saudara, semoga kamu mengucap syukur dengan sukacita kepada Bapa, yang membuat kamu layak mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang kudus di dalam Kerajaan Terang. Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih, di dalam Kristus itulah kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa. Kristus adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, Dia adalah yang sulung, yang lebih utama dari segala yang diciptakan, karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di surga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana maupun kerajaan, baik pemerintah maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada mendahului segala sesuatu, dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Dialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Dialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu. Seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, dan oleh Dialah Allah memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi maupun yang ada di surga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.
Demikianlah Sabda Tuhan.

Bait Pengantar Injil Umat berdiri
Aleluya, aleluya, aleluya

Ayat:
Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan! Diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapa kita Daud.

Injil Lukas 23:35-43 Umat berdiri

Tuhan, ingatlah akan daku, apabila Engkau datang sebagai Raja.

Ketika Yesus bergantung di salib, pemimpin-pemimpin bangsa Yahudi mengejek-Nya, "Orang lain Ia selamatkan, biarlah sekarang Ia menyelamatkan diri-Nya sendiri, jika Ia benar-benar Mesias, orang yang dipilih Allah!" Juga prajurit prajurit mengolok-olokkan Dia; mereka mengunjukkan anggur asam kepada-Nya dan berkata, "Jika Engkau raja orang Yahudi, selamatkanlah diri-Mu!" Ada juga tulisan di atas kepala-Nya, "Inilah Raja Orang Yahudi". Salah seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Yesus, katanya, "Bukankah Engkau Kristus? Selamatkanlah diri-Mu sendiri dan kami!" Tetapi penjahat yang seorang lagi menegur dia, katanya, "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah? Padahal engkau menerima hukuman yang sama! Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah." Lalu ia berkata kepada Yesus, "Yesus, ingatlah akan daku, apabila Engkau datang sebagai Raja!" Kata Yesus kepadanya, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama Aku di dalam Firdaus."

Homili Umat duduk

Syahadat Umat berdiri

(Ketika mengucapkan “yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria”, seluruh umat mem-bungkuk khidmat sebagai penghormatan atas misteri inkarnasi [PUMR 137])

Doa Umat Umat berdiri

I Kristus sebagai Sang Raja telah membawa keselamatan kepada kita semua. Maka marilah kita memuji Dia seraya bersyukur dan memohon berkat-Nya.

L Bagi para pemimpin Gereja.
Semoga para pemimpin Gereja-Mu selalu kau bimbing dan berkati agar tetap tekun dan setia dalam tugas pelayanan dan panggilan hidup mereka di dalam menggembalakan umat-Mu di tengah arus tantangan ketaatan, kesetiaan, dan kemiskinan; serta arus globalisasi dan modernisasi ini. Marilah kita mohon…
U Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L Bagi para pemimpin negara kami.
Semoga mereka dapat meneladan Yesus Kristus Sang Raja Semesta Alam yang senantiasa memimpin dengan penuh keadilan dan kasih sayang, serta dapat mengambil keputusan-keputusan yang tepat dan bijaksana; supaya terciptalah kehidupan masyarakat yang lebih makmur, adil, dan sentosa. Marilah kita mohon...
U Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L Bagi para pejuang hak asasi manusia.
Semoga keadilan dan kemudahan yang hanya dari pada-Mu selalu berada di pihak mereka dalam meperjuangkan Hak Asasi Manusia untuk sesamanya yang selama ini terlalu sulit mendapatkan itu oleh karena penindasan dan kesewenang-wenangan oleh mereka yang merasa punya kuasa yang lebih dibandingkan yang lain. Marilah kita mohon...
U Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L Bagi kita di sini.
Semoga kami semakin berani mengakui iman kami akan Yesus Putra-Mu Sang Raja Semesta Alam dalam setiap tindakan dan tingkah laku kami dengan tetap memelihara persaudaraan dan perdamaian di antara kami. Marilah kita mohon...
U Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L Marilah kita hening sejenak menghaturkan ujud pribadi kita.

_____ujud pribadi, saat hening_____

Marilah kita mohon …
U Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

I Ya Allah, kami percaya Engkau tidak akan meninggalkan kami. Buatlah kami terus selalu berharap akan cinta dan kasih-Mu yang telah terwujud secara nyata melalui pengorbanan Yesus Kristus Putra-Mu, Tuhan dan Pengantara kami.
U Amin.

LITURGI EKARISTI

Doa Atas Persembahan Umat berdiri

I Berdoalah saudara-saudari supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan kepada Allah Bapa yang Mahakuasa.
U Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
I Ya Bapa, Putra-Mu telah rela berkorban bagi kami. Kami mohon agar persembahan kami ini dapat dipersatukan dengan kurban-Nya sebagai tanda pendamaian kami dengan Dikau dan sesama. Demi Kristus, Tuhan, dan Pengantara kami.
U Amin.

Prefasi - Kudus Umat berdiri
Doa Syukur Agung Umat duduk/berlutut

Bapa Kami, Salam Damai Umat berdiri
(Doa Damai [Tuhan Yesus Kristus, janganlah memperhitung¬kan dosa kami] termasuk doa presidensial atau hanya didoakan oleh pemimpin)

Anak Domba Allah Umat berdiri
Persiapan Komuni Umat duduk/berlutut

I Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa-dosa dunia. Berbahagialah saudara-saudari, yang diundang ke perjamuan Anak Domba.

I+U Tuhan saya tidak pantas, Engkau datang pada saya tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

Komuni

Antifon Komuni Mazmur 29:10-11
Tuhan akan bertakhta sebagai Raja untuk selamanya. Tuhan akan memberkati umat-Nya dengan damai.

Doa Sesudah Komuni Umat berdiri

I Marilah kita berdoa:
_____hening sejenak_____
Ya Bapa kami bersyukur atas kehadiran Putra-Mu di tengah-tengah kami untuk membimbing dan merajai kami. Semoga Roh-Nya selalu mendamaikan dan mempersatukan kami semua sebagai anak-anak-Mu sehingga makin banyak orang boleh menerima anugerah keselamatan dan kehidupan kekal abadi bersama-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U Amin.

RITUS PENUTUP

Pengumuman Umat duduk
Berkat, Pengutusan Umat berdiri

Perarakan Imam Umat berdiri
Share the Post:

Related Posts

Adven

Masa Adven merupakan masa persiapan bagi umat Kristiani untuk menyambut kedatangan Sang Putra ke dunia. Kata Adven itu sendiri bersal dari kata adventus (lat) yang berarti “kedatangan”.

Read More