Masa Adven merupakan masa persiapan bagi umat Kristiani untuk menyambut kedatangan Sang Putra ke dunia. Kata Adven itu sendiri bersal dari kata adventus (lat) yang berarti “kedatangan”.

Masa Adven merupakan masa persiapan bagi umat Kristiani untuk menyambut kedatangan Sang Putra ke dunia. Kata Adven itu sendiri bersal dari kata adventus (lat) yang berarti “kedatangan”. Masa Adven itupun muncul oleh karena hasil sinode di Macon tahun 590 yang menetapkan adanya masa pertobatan dan persiapan kedatangan Kristus. Awalnya masa Adven itu diadakan selama 5 minggu, yang kemudian diubah menjadi 4 minggu oleh Paus Gregorius VII (1073-1085). Hingga saat ini masa Adven dimulai dari hari Minggu terdekat dengan tanggal 30 November (pesta St. Andreas) selama 4 minggu sampai pada tanggal 25 Desember (hari raya Natal).

Ketika memasuki masa Adven selalu ada simbol lingkaran Adven yang berupa lingkatan lilin. Lilin adven itu itupun terdiri dari: 3 lilin berwarna ungu dan 1 lilin berwarna merah muda/ pink. Lilin tersebut akan dinyalakan selama masa adven secara berurutan. Ketiga lilin berwarna ungu tentu menjadi simbol pertobatan yang mana mengajak seluruh umat beriman untuk melakukan sikap tobat untuk mempersiapkan kedatangan sang Mesias. Sedangkan lilin yang berwarna merah muda menjadi simbol sukacita. Lilin itupun dinyalakan pada minggu ke 3 masa Adven. Oleh karena itu minggu ke 3 masa Adven juga sering disebut sebagai minggu Gaudete/ sukacita, sebab masa penantian telah sampai pada setengah perjalanan dan segera akan berakhir.

Melalui lingkaran Adven tersebut, umat beriman pun diajak untuk melakukan laku tobat sekaligus merenungkan mengenai kedatangan Yesus ke dunia. Akan tetapi bukannya Kristus sudah datang 2000 tahun yang lalu dan sekarang sudah naik ke Surga? Ya, Kristus telah datang ke dunia ini dan pada akhir zaman Ia pun akan kembali ke dunia ini. Akan tetapi Ia tidak pernah meninggalkan Gereja-Nya dan selalu hadir di tengah-tengah umat-Nya. Oleh karena itu pemaknaan masa Adven pun tidak hanya menjadi permenungan masa yang silam, melainkan juga masa ini dan masa yang akan datang. Sebab peringatan Adven merupakan perayaan 3 hal yakni 1) peringatan akan kehadiran Kristus yang pertama, 2) kehadiran-Nya di tengah Gereja, dan 3) penantian akan kedatangan-Nya di akhir Zaman. Pemahaman kedatangan Kristus itupun hendaknya dijiwai oleh setiap umat beriman. Sebab di antara kedatangan-Nya yang pertama di Betlehem dan kedatangan-Nya yang kedua di akhir zaman, Kristus tetap hadir di tengah umat-Nya. Hal itupun sejalan dengan apa yang diajarkan oleh Gereja dalam Katekismus Gereja Katolik (KGK) art. 524 bahwa:

“dalam perayaan liturgi Adven, Gereja menghidupkan lagi penantian akan Mesias; dengan demikian umat beriman mengambil bagian dalam persiapan yang lama menjelang kedatangan pertama Penebus dan membaharui di dalamnya kerinduan akan kedatangan-Nya yang kedua (Bdk. Why 22:17). Dengan merayakan kelahiran dan mati syahid sang perintis Gereja menyatukan diri dengan kerinduannya: “Ia harus makin besar dan aku harus makin kecil” (Yoh 3:30).”

Maka mari kita persiapkan diri kita sebaik mungkin agar kita layak menyambut kehadiran Sang Juru Selamat ke dunia ini. Selamat memasuki masa Adven. Berkah Dalem.

Sumber : https://www.katolisitas.org/seputar-adven-dan-natal/

Share the Post:

Related Posts

Adven

Masa Adven merupakan masa persiapan bagi umat Kristiani untuk menyambut kedatangan Sang Putra ke dunia. Kata Adven itu sendiri bersal dari kata adventus (lat) yang berarti “kedatangan”.

Read More